12/09/2012

Cara Penulisan Memo yang Berkualitas


Bikin memo yaitu tugas mutlak yang perlu anda kerjakan dengan benar. kekuatan menulis memo berkwalitas jadi factor mutlak kesuksesan sesuatu pekerjaan. kuncinya yaitu singkat, jelas, tetapi terus mencermati sopan santun didalam penentuan kata.
Pengertian memo

Memo yaitu type surat intern, baik berbentuk resmi/dinas ataupun informal/pribadi. pesan-pesan yang disampaikan singkat, tidak dikenal ada pembuka atau kata-kata penutup namun segera pada pesan yang dimaksudkannya. memo internal umumnya dikirim oleh atasan pada bawahan.

Isi memo bisa berbentuk :
  1. Penjelasan perihal suatu hal yang berlangsung atau dapat berlangsung,
  2. Gagasan pertemuan atau undangan untuk seseorang,
  3. Instruksi untuk lakukan suatu hal,
  4. Keinginan penjelasan perihal suatu hal, atau
  5. Keinginan maaf.

Langkah bikin memo

Memo mesti mempunyai heading ( sisi atas/kepala ). heading umumnya terdiri dari empat baris, yakni : “kepada” ( catatkan nama penerima lengkap dengan jabatannya ), “dari” ( nama pengirim beserta jabatan ), “tanggal” ( tanggal dibikin ), serta “subyek” atau “perihal” ( pokok surat, contohnya “peraturan baru perihal cuti serta lembur” ).
Berikan persoalan dengan terlalu fokus, singkat serta jelas. sisi isi berisi seluruh info yang pingin disampaikan, terhitung data-data pendukung. sebisa-bisanya sisi ini dapat menjawab kemungkinan pertanyaan-pertanyaan mendasar dari pembaca. walau di bagian ini ada keterangan-keterangan yang mendetail, anda mesti terus berusaha bikin isi memo seringkas barangkali. dengan total surat memo tidak kian lebih satu halaman.
Di bagian penutup, anda meringkas info di bagian isi, menuliskan dengan jelas dan akurat pesan yang pingin anda berikan, atau barangkali juga instruksi pada bawahan.
Teliti lagi memo yang sudah dibikin. periksa kesalahan-kesalahan ejaan serta susunan kata-kata. yakinkan isi memo cocok dengan maksud yang pingin berikan.

Sesuatu memo usaha mesti direncanakan serta ditulis dengan cermat dikarenakan mencerminkan profesionalitas penulis atau pengirimnya.

0 Comment:

Posting Komentar